Surabaya, Juli 2023 – Pada Rabu, 26 Juli 2023, program studi digital bisnis di ITTelkom Surabaya menggelar sebuah pameran yang tak hanya memamerkan kreativitas mahasiswa, tetapi juga menggali potensi bisnis dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Acara bertempat di lobi kampus ini merupakan bagian dari tugas besar mata kuliah bahasa Inggris dan Kepemimpinan & Komunikasi Interpersonal (KKI). Para mahasiswa diminta untuk menciptakan branding produk dan menyampaikannya melalui pameran.
Dominggo Bayu Baskara, S.T., M.MT., PMP, selaku kepala program studi digital bisnis sekaligus penanggung jawab acara menyampaikan, “Melalui kegiatan pameran ini, kami ingin mendorong mahasiswa untuk memiliki manajemen waktu yang baik, kemampuan bekerja dalam tim, negosiasi, serta melatih diri mencapai target di bawah tekanan. Serta mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di kelas bahasa inggris dan KKI.”
Tak kurang dari 37 kelompok mahasiswa membuka booth untuk memamerkan hasil karya yang telah mereka persiapkan selama 6 minggu sejak Ujian Tengah Semester (UTS). Proyek yang diberi nama “Digitopia” ini, menyajikan berbagai macam bisnis dalam empat kategori: produk digital, barang fisik, food & beverage, serta jasa. Mahasiswa bebas memilih kategori yang paling mereka minati dan mengembangkan konsep bisnisnya.
Tak hanya sebatas konsep atau proyek, beberapa kelompok mahasiswa bahkan sudah berhasil menjalankan bisnisnya secara nyata. Antusiasme pengunjung pun tak kalah menarik perhatian, acara ini berhasil menarik banyak mahasiswa lainnya yang ingin melihat hasil kreativitas para peserta pameran.
Dalam pembukaan acara, rektor ITTelkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T., mengatakan, “Hari ini, kalian tidak hanya mempresentasikan kemampuan dalam kelas, tetapi juga mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Jangan pernah takut untuk mencoba berbahasa inggris dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.”
Acara yang berlangsung dari jam 08.00 hingga 14.00 WIB ini menampilkan aneka kreativitas di setiap stand, dengan pengunjung yang berbondong-bondong untuk mengeksplorasi ide-ide inovatif dari para mahasiswa. Galuh Bagus, salah satu peserta pameran dan mahasiswa digital bisnis, menjelaskan, “Bersama rekan saya, kami mempersiapkan pameran ini selama 6 minggu penuh. Tugas besar semacam ini tak hanya melatih kreativitas, tetapi juga kemampuan kami dalam berbahasa Inggris dan aplikasinya dalam berbagai bidang.”
Sebagai bagian dari tugas besar, setiap stand dinilai berdasarkan beberapa indikator, termasuk kemampuan presentasi lisan dalam bahasa Inggris, desain marketing kit, kemampuan kerjasama dalam kepanitiaan, dan totalitas upaya yang ditunjukkan oleh setiap kelompok.
Pameran Digitopia 2023 menjadi momentum bagi mahasiswa digital bisnis ITTelkom Surabaya untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam menciptakan inovasi bisnis yang relevan, sekaligus menjadi ajang pelatihan bagi kemampuan komunikasi dalam bahasa inggris. Semoga dengan semangat kolaborasi dan eksplorasi ide-ide baru ini, mahasiswa dapat terus berkontribusi pada perkembangan dunia bisnis dan teknologi di masa depan.