Surabaya, Juni 2024 – Dalam beberapa tahun terakhir, dunia e-sport telah berkembang pesat dan menarik minat banyak kalangan, termasuk mahasiswa. E-sport, atau olahraga elektronik, kini bukan hanya sekadar hobi, tetapi telah menjadi industri besar dengan berbagai peluang karir yang menjanjikan.
Definisi E-sport
Esport adalah bentuk kompetisi yang menggunakan permainan video. Kompetisi ini bisa dilakukan secara individu atau tim, dan biasanya disiarkan secara langsung melalui platform streaming seperti Twitch atau YouTube. Jenis permainan yang populer dalam e-sport antara lain Dota 2, League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive, dan banyak lagi.
Perkembangan E-sport
Dulunya e-sport bermula pada tahun 1972 ketika Stanford University mengadakan turnamen permainan Spacewar, yang dianggap sebagai kompetisi video game pertama. Peserta bersaing untuk memenangkan langganan majalah Rolling Stone selama satu tahun. Pada tahun 2000-an, E-sport semakin populer dengan adanya permainan seperti StarCraft di Korea Selatan. Pada tahun 2000, World Cyber Games (WCG) pertama diadakan, dan pada tahun 2002 Major League Gaming (MLG) didirikan di Amerika Serikat, membawa e-sport ke khalayak yang lebih luas.
Hingga pada tahun 2020-an, eEsport menjadi bagian dari arus utama budaya global. Platform streaming seperti Twitch dan YouTube Gaming memungkinkan penonton dari seluruh dunia untuk menonton pertandingan secara langsung. E-sport juga mulai diakui sebagai cabang olahraga resmi di beberapa negara dan masuk dalam ajang-ajang olahraga besar seperti Asian Games.
Dengan teknologi yang terus berkembang dan minat yang semakin meningkat, e-sport diprediksi akan terus tumbuh. Industri ini tidak hanya mencakup kompetisi profesional, tetapi juga konten kreator, streamer, dan berbagai aspek lain yang menjadikannya ekosistem yang dinamis dan menarik.
Peluang Karir di Dunia E-sport
Bagi mahasiswa, e-sport menawarkan berbagai daya tarik. Pertama, e-sport memungkinkan mereka untuk berkompetisi dan menunjukkan keahlian mereka dalam permainan video favorit mereka. Selain itu, banyak universitas yang mulai mengadakan turnamen e-sport dan membentuk tim e-sport resmi, memberikan mahasiswa kesempatan untuk berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.
Sementara itu, bagaimana dengan kesempatan berkarir bagi mahasiswa yang ingin menjajaki dunia E-sport ini? Berikut bisa kamu pertimbangkan:
1. Pemain Profesional
Menjadi pemain profesional adalah salah satu jalur karir yang paling jelas dalam e-sport. Pemain profesional biasanya berkompetisi dalam turnamen besar dengan hadiah yang menggiurkan. Mereka juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sponsor dan streaming.
2. Streamer dan Konten Kreator
Banyak mahasiswa yang juga tertarik menjadi streamer atau konten kreator. Dengan platform seperti Twitch, YouTube, dan Facebook Gaming, mereka bisa mendapatkan penghasilan dari donasi penonton, iklan, dan sponsor.
3. Pelatih dan Analis
Seiring dengan meningkatnya profesionalisme dalam e-sport, kebutuhan akan pelatih dan analis juga meningkat. Pelatih bertanggung jawab untuk melatih tim, sementara analis mempelajari permainan dan memberikan strategi untuk memenangkan pertandingan.
4. Manajemen Tim dan Event Organizer
Dunia e-sport membutuhkan banyak tenaga kerja di balik layar, termasuk manajer tim dan penyelenggara acara. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola jadwal, logistik, dan promosi acara.
5. Pengembang Game dan Penguji
Industri e-sport juga memerlukan pengembang game dan penguji untuk memastikan permainan berjalan lancar dan menarik. Mahasiswa dengan latar belakang ilmu komputer atau teknik informatika bisa menemukan banyak peluang dalam bidang ini.
Permainan yang dulu sering disteriotipkan kurang baik sebagai ajang buang-buang waktu kini telah menjadi sebuah industri besar dengan berbagai macam peluang karir. Jika kamu tertarik untuk menjadi pengembang Game, kamu bisa mempelajarinya di Telkom University Surabaya sebagai game developer yang tentunya tidak hanya bermain game saja kamu juga bisa menciptakan game impianmu sendiri. Kamu juga bisa belajar untuk menjadi event organizer untuk mengadakan turnamen e-sport sebagaimana beberapa waktu telah digelar turnamen e-sport oleh teman-teman di program studi Informatika.
Klik LINK dan tahu lebih lanjut sekarang!
Penulis: Fujiyama / Foto: Pexels