Surabaya, Maret 2023 – Pengembangan sumber daya manusia di Perguruan Tinggi tidak hanya dilakukan pada para anak didik saja, namun pegawai juga diberikan pelatihan untuk meningkatkan kinerja. Kamis 9 Maret 2023 bertempat di salah satu hotel di Surabaya, Institut Teknologi Telkom Surabaya menggelar pelatihan untuk para pegawainya yang berfokus untuk meningkatkan service excellent, public speaking, dan grooming.
Rektor Institut Teknologi Telkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono S.T. M.T., menyampaikan dalam sambutannya, “Kemampuan public speaking dan grooming. Ini merupakan hal yang penting, jika mengingat public speaking berkaitan dengan bagaimana berkomunikasi dengan baik. Ini harus dipelajari, berkomunikasi yang paling penting adalah mendengarkan.”
Bekerjasama dengan PT Infomedia Solusi Humanika (ISH) sebagai pembicara dalam pelatihan kali ini. Wulang Rahyanhadi selaku pembicara memaparkan tiga materi inti mulai dari bagaimana menjadi percaya diri dalam berbicara kepada orang lain, sebagai tambahan di dalam materi public speaking sejatinya terdapat dua alur.
“Ada dua, yang pertama bang opening dimana pembicara harus mampu menarik perhatian audiens seperti memberikan kata-kata khusus seperti yel-yel kemudian wow closing yakni memberikan rangkuman informasi mengenai apay ang telah dibahas.”
Selain itu, di dalam berbicara perlu juga memperhatikan 4 teknik vocal public speaking antara lain intonasi, pernafasan, artikulasi, dan power. Di dalam materi selanjutnya yakni service excellent, hal yang paling penting adalah memberikan pelayanan terbaik melebihi ekspektasi pengguna layanan secara konsisten.
Selanjutnya, grooming tidak kalah penting. Bagaimana seseorang mampu berpenampilan baik dan menyenangkan dihadapan orang lain yang dalam hal ini pengguna layanan. Grooming juga menjadi bagian penting dari bagaimana terbentuknya kesan pertama.
Wulang menyampaikan baik pria dan wanita harus memiliki standar berpenampilan di tempat kerja mulai dari bagaimana tatanan rambut, kebersihan tubuh, pakaian, dan lain sebagainya, “Grooming penting untuk membuat kesan pertama awal yang baik. Tahapan terbentuknya kesan pertama tersebut dimulai dari 10 detik pertama dimana mulai terbentuknya kesan. 15 detik selanjutnya bayangan mulai terbentuk di benak orang lain. Kemudian 2 hingga 4 menit selanjutnya akan timbul tanggapan.
Melalui pelatihan ini diharapkan para pegawai Institut Teknologi Telkom Surabaya menjadi antusias dan memberikan yang terbaik saat melayani mahasiswa serta pengguna pelayanan kampus lainnya.