Telkom University Surabaya Menggelar Pertandingan E-Sport di Royal Plaza Mall

Surabaya, Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa-siswi SMA dan memperkuat “Brand Awareness” Telkom University Surabaya, Program Studi Informatika dengan bangga menyelenggarakan Festival E-Sport yang digelar di Royal Plaza Mall pada Senin (24/06/2024). Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga wadah bagi generasi muda untuk mengeksplorasi potensi mereka dalam dunia e-sport yang semakin berkembang.

Pertandingan persahabatan ini mengusung tema persahabatan dan solidaritas antara Program Studi Informatika Telkom University Surabaya dan Mahasiswa UKM E-Sport. Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) Telkom University Surabaya, yang merupakan organisasi mahasiswa resmi di bawah naungan universitas, bekerja sama dengan Prodi Informatika dan UKM E-Sport untuk menyelenggarakan acara ini. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan minat siswa-siswi SMA terhadap dunia e-sport dan teknologi informasi, serta mempromosikan Telkom University Surabaya sebagai pilihan utama untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Dalam acara ini, hadir Wakil Direktur 3, Agoes Windarto S.T., M.M., yang memberikan sambutan, “Ini adalah kerjasama Program Studi Informatika dan E-Sport. Game dulu dianggap negatif namun sekarang sudah menjadi turnamen bergengsi. Ini saatnya mengarahkan hobi dan minat anda ke dalam hal yang lebih positif.”

E-Sport Informatika Festival ini dirancang dengan dua fase, yaitu online untuk babak kualifikasi pertama dan offline untuk babak kualifikasi lanjutan, semi final, dan final. Kegiatan ini memberikan pengalaman mendalam, kebersamaan, meningkatkan keterampilan, serta memperluas wawasan peserta dalam dunia E-Sport dan teknologi informasi.

Sebanyak 16 tim yang masing-masing terdiri dari 5 anggota telah mendaftar. Babak penyisihan hingga semifinal diselenggarakan dengan skema Eliminasi dan sistem Best of 3. Pada Grand Final, sistem yang digunakan adalah Best of 5, dengan pemenang ditentukan berdasarkan tim yang berhasil menghancurkan base lawan terlebih dahulu. Hasil akhir pertandingan menempatkan tim dari SMKN 2 Surabaya, SMAN 3 Sidoarjo, SMK Antartika 3 Sidoarjo, dan SMA Giki 1 Surabaya sebagai juara 1, 2, dan 3.

Persiapan acara ini dilakukan selama sebulan penuh dengan melibatkan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan acara. ISOFEST 2024 diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang dinantikan oleh para penggemar e-sport di seluruh Indonesia.

Penulis: Fujiyama / Foto: Dokumentasi Public Relations