Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus bagi Mahasiswa Telkom University Surabaya

Surabaya, Maret 2024 – Lulus dari perguruan tinggi adalah pencapaian yang luar biasa, tetapi langkah selanjutnya, yaitu mendapatkan pekerjaan, bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagi mahasiswa Telkom University yang siap memasuki dunia kerja, berikut adalah lima tips cepat dapat kerja setelah lulus:

1. Persiapkan Lebih Awal Pengalaman Kerja dan Magang

Akhir-akhir ini kita sering mendengar banyak lowongan kerja yang terbuka bagi para fresh graduate namun justru mensyaratkan minimal memiliki pengalaman kerja 1 sampai 2 tahun, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Mengetahui persyaratan bursa kerja ini maka yang bisa dilakukan TelUtizen adalah meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan adalah memiliki pengalaman kerja yang relevan.

Manfaatkan waktu berkuliah untuk melakukan magang hingga part-time, ada banyak sekali pekerjaan dewasa ini yang bahkan bisa dilakukan secara remote. Jadi jangan hanya berpaku menjadi mahasiswa saja namun terus gali banyak kesempatan untuk mengembangkan diri terutama untuk memenuhi persyaratan pekerjaan yang kalian bidik di masa depan.  Telkom University Surabaya sering kali menyediakan program magang dengan perusahaan-perusahaan terkemuka, manfaatkan kesempatan ini untuk memperluas jaringan dan mendapatkan pengalaman yang berharga.

2. Bangun dan Perkuat Relasi

Relasi adalah kunci untuk membuka pintu peluang karier. Manfaatkan jejaring yang telah kamu bangun selama kuliah, baik dengan dosen, alumni, atau rekan studi. Ikuti acara networking, seminar, dan workshop yang diselenggarakan oleh universitas atau industri terkait. Jangan ragu untuk meminta bantuan dan saran dari mereka yang telah sukses dalam karier mereka. Kalian juga bisa meminta informasi-informasi seputar lowongan kerja di kantor para alumni sekaligus persyaratan yang dibutuhkan.

3. Perkaya Portofolio Anda

Portofolio menjadi bagian yang tidak kalah penting, ini adalah bagaimana TelUtizen dapat memrepresentasi kemampuan dan pencapaian selama ini. Pastikan untuk memperbarui portofoliomu dengan proyek-proyek yang telah kamu kerjakan selama kuliah di Telkom University Surabaya, baik proyek akademis maupun proyek mandiri. Tambahkan juga sertifikasi, kursus, atau keahlian tambahan yang dimiliki yang didapat baik dari kampus atau yang kamu tempuh sendiri melalui bootcamp atau seminar dan sejenisnya. Sebuah portofolio yang kaya akan membuat kamu lebih menonjol di mata calon employer.

4. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Softskill lainnya

Selain keterampilan teknis, kemampuan komunikasi dan soft skills juga sangat dihargai dalam dunia kerja. Latih kemampuan presentasi, negosiasi, dan kepemimpinan yang kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan pengembangan ini melalui beragam kegiatan mulai dari kepanitiaan hingga organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus Telkom University Surabaya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan Anda dalam hal ini.

5. Selalu Aktif Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Jangan menunggu hingga kamu lulus untuk mulai mencari pekerjaan. Mulailah mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasimu jauh sebelum lulus. Gunakan sumber informasi seperti situs web karier, media sosial profesional, grup diskusi industri, atau manfaatkan Career Development Center (CDC) Telkom University Surabaya untuk mengetahui berbagai lowongan mulai dari magang hingga kerja yang dibuka oleh banyak industri yang sesuai dengan minatmu.

Dengan menerapkan lima tips di atas, TelUtizen dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan setelah lulus dari Telkom University Surabaya. Ingatlah untuk tetap percaya diri, gigih, dan terbuka terhadap berbagai peluang yang ada. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan kariermu!

Penulis: Fujiyama | Foto: Pexels