Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Informasi: Pengertian dan Manfaat

Surabaya, Maret 2024 – Apa yang dimaksud dengan sistem informasi ? Kita seringkali mendengar mengenai jurusan sistem informasi, namun sistem informasi sendiri itu sebenarnya apa? Sistem Informasi atau biasa disingkat dengan SI merupakan suatu sistem yang mengkombinasikan antara aktivitas manusia dan penggunaan teknologi, yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan menyebarkan informasi yang relevan bagi sebuah organisasi. Penggunaan teknologi ini termasuk perangkat keras, perangkat lunak, orang, database, dan prosedur yang bekerja secara bersama-sama.

Sistem informasi bukan hanya sekedar infrastruktur teknologi, tetapi merupakan jantung dari operasional bisnis modern. Dengan memahai peranan dan komponen sistem informasi, Perusahaan atau organisasidapat memanfaatkannya secara optimal untuk meningkatkan efisiensi, pengambilan Keputusan dan daya saing di pasar.

Bagian-bagian dari Sistem Informasi

  • Perangkat keras

Komponen fisik yang memungkinkan computer untuk beroperasi, termasuk RAM, CPU, dan lain sebagainya

  • Perangkat lunak

Program yang dijalankan oleh perangkat keras, termasuk sistem operasi, aplikasi, dan software lainnya

  • Manusia

Manusia yang mengoperasikan sistem informasi, termasuk sistem analisis, administrator, dan pengembang perangkat lunak

  • Database

Kolam data yang menyimpan berbagai informasi yang relevan bagi organisasi atau perusahaan

  • Prosedur

Kumpulan langkah-langkah yang diterapkan untuk mengelola data menjadi informasi, termasuk prosedur pengelolahan data, informasi dan hasil.

Jenis Sistem Informasi

  1. Sistem Informasi Manajemen

Sistem perencanaan yang melibatkan bagian manajemen, termasuk sistem informasi manajemen, sistem informasi akutansi, dan sistem informasi penjualan

  • Sistem Informasi Transaksi

Sistem yang digunakan untuk mengelola transaksi, termasuk sistem informasi penjualan, sistem informasi pembelian, dan sistem informasi pengiriman

  • Sistem Informasi Pendukung Keputusan

Sistem yang digunakan untuk membantu pengambilan Keputusan, termasuk sistem informasi perencanaan, sistem informasi pengendalian, dan sistem informasi control.

Penggunaan Sistem Informasi

  • Mengumpulkan dan mengelola data

Sistem informasi memungkinkan organisasi untuk mengumpulkan dan mengelola data yang relevan bagi organisasi.

  • Mengelola informasi

Sistem informasi memungkinkan organisasi untuk mengelola informasi yang relevan bagi organisasi, termasuk informasi transaksi, informasi manajemen, dan informasi pendukung keputusan.

  • Mengambil Keputusan

Sistem informasi memungkinkan organisasi untuk mengambil keputusan yang terbaik, termasuk keputusan manajemen, keputusan operasi, dan keputusan strategis.

  • Meningkatkan efisiensi

Sistem informasi memungkinkan organisasi untuk meningkatkan efisiensi, termasuk efisiensi manajemen, efisiensi operasi, dan efisiensi strategis.

Sistem Informasi menjadi salah satu program studi unggulan di Telkom University Surabaya, berminat untuk mendaftar? Klik disini ya.

Penulis: Fujiyama | Foto: Pexels