Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Eksplorasi Ilmu Pengetahuan Melalui Studium Generale Professor Victor V. Kryssanov di Ritsumeikan University

Surabaya, Februari 2024 – Pada hari Jumat, 23 Februari 2024, Telkom University Surabaya kedatangan salah seorang professor dari Ritsumeikan University yang memberikan kuliah umum atau studium generale seputar smart infrastructure, sustainability, and innovation. Acara digelar di aula Telkom University Surabaya yang dihadiri oleh para dosen serta mahasiswa yang memiliki ketertarikan yang sama dengan dimana Prof. Victor V. Kryssanov sendiri memiliki fokus penelitian pada sains data, IoT, e-society, statistical modeling and simulation.

Direktur Telkom University Surabaya, Prof. Tri Arief Sardjono, menyampaikan dalam sambutannya menjelaskan, “Kuliah umum ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan akademis yang bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam kepada mahasiswa dan masyarakat umum tentang berbagai aspek ilmu pengetahuan.”

Kuliah umum atau studium generale adalah jenis kuliah yang dirancang untuk memberikan pemahaman lintas disiplin ilmu kepada para pendengarnya. Kuliah ini sering kali dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan, serta terbuka untuk masyarakat umum. Tujuan utamanya adalah memperluas wawasan dan pemahaman tentang berbagai topik yang relevan di dunia saat ini.

Pada kesempatan ini, Prof. Victor V. Kryssanov memperkenalkan terlebih dahulu mengenai Retsumeikan University yang terletak di Osaka, Jepang dan berdiri sejak 2004. University yang sudah berdiri sejak 2-4 ini merupakan kampus ICT terbesar di jepang dimana pendidikannya di seluruh jurusan mencakup ilmu komputer, dimana Ritsumeikan juga memimpin pada penelitian ilmu komputer.

Selain memperkenalkan mengenai universitasnya, Prof Victor juga menjelaskan mengenai “E-society laboratory at the college of information science and engineering” yang telah berdisi sejak 2014 lalu dengan area penelitian utama yakni digital governance, smart city, dan business intelligence.

“Saat ini saya tengah fokus meneliti mengenai Smart City dimana salah satu fokusnya khususnya meneliti berapa jumlah jalan rusak dengan menggunakan Artificial Intelligence, dimana pengumpulan datanya lewat citizen. Selain itu, ada banyak pengaplikasian mengenai smart city maupun smart transportation seperti route planning, smart traffic lights, smart public transportation, dan masih banyak lagi.” jelas Victor.

Animo peserta terlihat pada saat sesi tanya jawab dimana mahasiswa Telkom University Surabaya aktif bertanya tidak hanya seputar penelitian, namun juga seputar Ritsumeikan University.

Studium Generale ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan global di era digital. Acara ini mempromosikan pembelajaran lintas disiplin ilmu, memperkaya pemahaman, dan mendorong diskusi yang produktif di antara peserta.

Penulis: Fujiyama | Foto: Dokumentasi Public Relations