Surabaya, Februari 2024 – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 datang lagi, siapkah dirimu?
PKM sebagai sebuah wadah dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan ide, gagasan, serta ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat. Program Kreativitas Mahasiswa menjadi langkah strategis dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif. Ini merupakan kompetensi bergengsi bagi mahasiswa untuk mencapai taraf kreatifitas dan inovasi di bidang sains dan teknologi dalam cakupan nasional.
Sehubungan dengan itu, Telkom University Surabaya mengadakan sosisalisasi PKM 2024 melalui ZOOM pada Selasa (06/02/2024) untuk mendorong lebih banyak lagi mahasiswa yang ikut serta. Ahmad Wali Satria Bahari Johan, S.ST., M.Kom. selaku kepala urusan aktivitas kemahasiswaan menjelaskan, “Tahun lalu (2023) Telkom University Surabaya berhasil meloloskan 13 proposal pendanaan, tahun ini kita harapannya tahun ini lebih banyak PKM yang lolos pendanaan dan target kita ada PKM yang lolos PIMNAS. Perlu dicatat, PKM itu tidak hanya gagasan yang bagus saja namun juga cara menulisnya juga bagus sehingga bagaimana cara kita menuliskan proyek kita agar orang lain atau viewer dapat menilai projek kita lebih baik.”
Ada berbagai macam bidang dalam PKM yang harus kamu pahami sebagai mahasiswa. Antara lain:
- PKM-K (Kewirausahaan)
Ini merupakan jenis PKM kewirausahaan yang berfokus untuk menciptakan aktivitas usaha dengan menciptakan produk kreatif dan aktivitas wirausaha yang dijalankan oleh tim mahasiswa dengan produk kreativitas yang dapat berupa barang atau jasa.
Pahami tentang casflow, target pemasaran, positioning. Jadi pahami lebih lanjut mengenai kewirusahaan.
- PKM- RSH (Riset sosial humaniora)
Mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat dengan pendekatan keilmuan, menggunakan metode yang tepat dalam mencari informasi, menganalisa informasi menggunakan teori, dan memberikan jawaban atas permasalah yang ada dari fenomena tersebut.
- PKM- VGK (Video gagasan konstruktif)
Gagasan bersifat pemecahan masalah kekinian yang terjadi di masyarakat yang terkait dengan isu keprihatinan bangsa indonesia dan atau isu tujuan pembangunan berkelanjutan secara konstruktif yang dikomunikasikan dalam bentuk konten video di media sosial. Sehingga implementasinya nanti lebih membuat video.
- PKM- GFT (Gagasan futuristik tertulis)
Gagasan realistik kreatif dalam PKM-GFT jika diimplementasikan akan memerlukan waktu yang lama, biaya dan sumber daya yang besar
Sifat utama PKM-GIFT lainnya:
- Visioner dan duturistik.
- Memerlukan sosulsi dengan durasi waktu yang anjang.
- Realitsik dan implementatif.
- Berdampak sistemik atau berskala masif (besar dan kompleks).
- PKM- PM
Tujuan PKM-PM adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi secara aktif dengan masyarakat mitra non-profit.
- PKM-PI
Tujuan PKM-PI adalah motivasi mahasiswa untuk aktif berinteraksi secara profesional dengan pelaku usaha.
- PKM-KC
Lebih menekankan pada kreatifitas produk/prototype yang akan dihasilkan, level teknologi, keterbaruan, metode pembuatan produk serta prediksi tingkat kemanfaatannya.
- PKM-KI
Hasil bukan merupakan prototipe melainkan produk fungsional skala penuh, siap untuk diperasionalkan oleh target pengguna dibuktikan dengan hasil pengujian yang biak.
- PKM-RE
Menumbuhkan minat dan kemampuan riset, pemahaman metode riset dan cara analis data, menghaislkan riset berkualitas dan berpotensi untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah.
- PKM-AI
Tujuan dari kegiatan PKM-AI adalah menumbuhkembangkan minat dan kemampuan menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa.
Kalian mahasiswa Telkom University Surabaya ingin ikut serta dalam kompetisi ini tapi masih bingung cara mengarang proposal PKM? Jangan khawatir, kalian bisa mengakses REPOSITORY PROPOSAL PKM LOLOS PENDANAAN!
Disini ada sejumlah dokumen proposal PKM yang sukses melangkah lewat tahap pendanaan yang bisa menjadi refrensi. TelUtizen Surabaya bisa manfaatin dokumen-dokumen keren itu sebagai referensi agar proposal PKM kalian semakin keren. Jadi selamat berkarya dan berkompetisi!
Penulis: Fujiyama | Foto: Dokumentasi Public Relations